Temu Ilmiah Regional (TEMILREG) Jabodetabek 2016

IMG_20160228_103307

Wadah Ilmiah dalam Ukhuwah Ekonom Rabbaniyah

     Februari, menjadi bulan yang dinanti-nanti oleh seantero Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) di regional Jabodetabek, tepatnya pada 25-28 Februari 2016. Event ilmiah regional terbesar yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Regional Jabodetabek dan amanah sebagai tuan rumah tahun ini diselenggarakan di Universitas Negeri Jakarta oleh Badan Semi Otonom Kelompok Studi Ekonomi Islam (BSO KSEI FE UNJ). Temu Ilmiah Regional (Temilreg) Jabodetabek, perhelatan keilmuan dihadiri 350 mahasiswa dari 21 Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) dari Universitas, PTN, PTS serta Sekolah Tinggi yang tersebar di Jabodetabek.

     Temilreg Jabodetabek tahun ini mengangkat tema “Optimalisasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah dalam Membangun Masyarakat Madani”. Mengingat banyaknya Lembaga Keuangan Mikro Syariah yang berpotensi besar dalam membangun masyarakat namun masih dipandang sebelah mata, maka ini menjadi opportunity sekaligus challenge khususnya bagi kaum muda Indonesia dalam berpartisipasi aktif menggagas aspirasi, inovasi dan kontribusi optimalisasi LKMS demi terwujudnya Indonesia Madani. Temilreg Jabodetabek 2016 disponsori oleh IDX, Mirai Ocha, Seleb Shop, dan All’s Scarf, dan didukung oleh Kementerian Keuangan, Ikatan Ahli Ekonomi Islam, Masyarakat Ekonomi Syariah, Bank Syariah Mandiri, ZIS Indosat, Majelis Ta’li Telkomsel, Halaqoh Wirausaha dan Cia’s snack.

     Opening ceremony Temilreg Jabodetabek 2016 (25/2) diresmikan dengan pemukulan gong oleh Dekan Fakultas Ekonomi UNJ, Dedi Purwana E.S., M. Bus. Diikuti sambutan dari Presidium Nasional FoSSEI, Jabbar Sambudi, ketua FoSSEI regional Jabodetabek, Zulfikri, dan ketua pelaksana, Gumilar Hayat Sampurna. Opening Temilreg Jabodetabek 2016 tidak hanya menjadi momen silaturahim akbar di antara 21 KSEI seJabodetabek, tapi juga memperluas pengetahuan lewat talkshow motivasi “Islamic Financial Planning” yang menghadirkan para pakar perencanaan keuangan Islam, Hendro Wibowo, SEI., MM., CFP. dan Lutfi Trizki, MM.,RFA.,CFP.,QWP.,AEPP. Siang harinya diadakan babak penyisihan 10 besar Olimpiade Ekonomi Islam. Dilanjutkan dengan adanya Sharing Session bagi para punggawa KSEI Jabodetabek dan diakhiri pengumuman pemenang babak penyisihan Olimpiade Ekonomi Islam.

Hari kedua dan ketiga di tanggal 26 dan 27 Februari menjadi hari yang disediakan untuk babak semifinal Olimpiade Ekonomi Islam, final Ekonomi Islam, presentasi Sharia Entrepreneur Challenge, presentasi LKTI dan sharing Kisah Inspiratif Muslimah yang bertempat di gedung N 104-105.

Hari keempat, sekaligus hari terakhir Temilreg Jabodetabek 2016 bertempat di Gedung Sertifikasi Guru Lantai 9. Pada sesi pertama, diadakan Seminar Nasional yang bertema “Optimalisasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah dan Dana Desa dalam Membangun Perekonomian Indonesia” mengundang empat pembicara yang kompeten di bidangnya masing-masing. Menghadirkan Dr. Ir. Conrad Hendarto, M. Sc. selaku Direktur Perencanaan Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Dr. Aries Mufti, S.E., S.H., M.H. selaku Ketua ABSINDO, Dr. Ahmad Yani, S.H., AK., M.M., CA. selaku Direktur Pembiayaan dan Kapasitas Daerah Kementerian Kuangan, dan Fithra Faisal Hastiadi, Ph.D selaku dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Dalam Seminar Nasional ini membahas kebijakan desentralisasi berupa dana desa yang masih belum digunakan secara maksimal dan masih minimnya Lembaga Keuangan Mikro Syariah di desa-desa. Sesi kedua adalah Workshop bersama Indonesian Stock Exchange (IDX) membahas “Saham Syariah dan Reksadana”. Dibawakan oleh Deri Yustria, S.E., MBA. dan Ahmad, S.Mn. yang mengungkap fakta bahwa tingkat kesadaran masyarakat dalam berinvestasi masih rendah. Padahal tidak harus datang ke bursa saham langsung, pendaftaran saham syariah dan reksadana syariah sekarang dapat dilakukan secara online di www.indopremier.com.

     Terakhir dalam Closing Temilreg Jabodetabek 2016, diumumkan para pemenang lomba Temilreg Jabodetabek 2016, kepada KSEI IsEF SEBI, KSEI SEF Gunadarma, KSEI SHINE UI, KSEI SES-C IPB, KSEI Progres Tazkia, KSEI UMJ, KSEI UNJ, KSEI SCIED UIKA dan KSEI FORDES yang alhamdulillah dapat menyabet juara di beberapa sub perlombaan. Diharapkan dengan adanya Temilreg Jabodetabek 2016 dapat tertanam lebih dalam lagi spirit dakwah, ukhuwah dan ilmiah dalam lingkaran ekonom Rabbani. Ekonom Rabbani, Bisa !!! (Panitia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *