AYO BAYAR ZAKAT DAN WAKAF SECARA ONLINE MELALUI APLIKASI E-SALAAM

Oleh: Dian Mona Sari

Di zaman yang serba digital saat ini, semua aktivitas menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Hal ini mendorong setiap orang dan badan usaha untuk terus berinovasi dalam memanfaatkan teknologi agar tidak tertinggal dengan perkembangannya yang semakin hari semakin canggih. PT Bank CIMB Niaga Tbk memiliki Unit Usaha Syariah (UUS) yang mengoptimalkan platform teknologi dalam mengembangkan digital banking. CIMB Niaga Syariah sebagai mitra ekslusif PT. Cipas Quindo Pratama (CIPAS) menyediakan pelayanan pembayaran zakat dan wakaf ke berbagai lembaga amil zakat dan wakaf dengan meluncurkan sebuah aplikasi bernama e-Salaam. E-Salaam menjamin penyedia jasa dari penjual yang resmi dan terpercaya, seperti Rumah Zakat, BAZNAZ, Rumah Wakaf, dan Dompet Duafa sehingga transaksi yang dilakukan insya Allah aman dan sesuai dengan ketentuan syariah. Ada beberapa layanan yang diberikan oleh aplikasi ini, diantaranya adalah pembayaran zakat dan wakaf uang.

Aplikasi e-Salaam memberikan kemudahan dalam menyalurkan zakat dan wakaf kepada lembaga amil zakat dan pengelolaan wakaf yang amanah dan profesional serta memastikan donasi yang diberikan akan disalurkan kepada penerima zakat dan wakaf yang berhak menerimanya.

Membayar zakat merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam untuk menyucikan harta yang dimilikinya. Untuk membayar zakat mal terdapat kalkulator zakat pada aplikasi e-Salaam untuk menghitung besaran zakat mal yang harus dibayarkan. Dengan membayar zakat, banyak hikmah yang akan didapat oleh muzakki (pemberi zakat) dan mustahiq (penerima zakat) ataupun bagi masyarakat luas. Diantara hikmah membayar zakat adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai wujud iman dan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikan-Nya.
  2. Menolong dan membantu kaum dhuafa agar kehidupannya lebih sejahtera.
  3. Sumber dana untuk pembangunan sarana dan prasarana umat Islam.
  4. Menyucikan diri dari dosa, menumbuhkan akhlak yang baik, dan peka terhadap sesama manusia.
  5. Pemerataan karunia Allah SWT dan perwujudan solidaritas sosial.

Menunaikan wakaf juga merupakan ibadah yang dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan merelakan harta yang dimiliki untuk kepentingan ibadah dan kebaikan. Hikmah yang didapat dengan menunaikan wakaf tidak jauh berbeda dengan zakat. Dengan menggunakan aplikasi e-Salaam, wakaf uang bisa dilakukan mulai Rp 10.000. wakaf uang yang disalurkan melalui aplikasi e-Salaam akan dijadikan instrumen keuangan seperti deposito. Keuntungan dari pengelolaan aset akan didistribusikan kepada yang berhak menerimanya demi kesejahteraan sosial. Pendistribusian wakaf dilakukan dengan berbagai cara, seperti beasiswa pendidikan dan bantuan modal usaha.

Aplikasi e-Salaam sudah dapat di-download secara gratis melalui Play Store dan App Store. Dengan adanya aplikasi e-Salaam, orang dapat menunaikan zakat dan wakafnya secara online melalui smartphone yang dimilikinya. Orang yang akan menunaikan zakat ataupun wakaf (wakif) tidak perlu repot-repot mendatangi lembaga amil zakat dan penyalur wakaf. Oleh karena itu, kapan pun dan dimana pun kita bisa membayar zakat dan wakaf dengan cara yang efektif dan efisien. Meskipun sedang sibuk melakukan aktivitas atau pekerjaan, ibadah tetap bisa dilakukan.

Langkah-langkah membayar zakat dan wakaf uang menggunakan aplikasi e-Salaam:

  1. Download dan buka aplikasi e-Salaam.
  2. Daftarkan akun e-Salaam.
  3. Pilih menu bayar zakat atau wakaf dan lembaga pengelola tujuan.
  4. Untuk wakaf, pilih program wakaf yang dikehendaki.
  5. Masukkan nama dan nominal zakat atau wakaf.
  6. Pilih metode pembayaran yang paling sesuai.
  7. Konfirmasi pembayaran.

Semua transaksi pembayaran zakat dan wakaf yang berhasil dilakukan melalui aplikasi e-Salaam, akan tercatat langsung pada menu “History Transaksi”.

Dengan berbagai kemudahan yang diberikan aplikasi e-Salaam untuk pembayaran zakat dan wakaf, sudah seharusnya kita sebagai umat Islam turut mendukung dengan menggunakannya dan mengajak keluarga, teman, dan masyarakat luas. Buktikan kemudahannya dengan mencoba langsung aplikasi ini sesuai petunjuk yang telah dijelaskan di atas. Semoga dengan kemudahan yang diberikan dapat menimbulkan kesadaran dan memotivasi setiap umat Islam agar menunaikan zakat dan wakaf sehingga kesejahteraan umat dapat tercipta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *