BERWAKAF SEMUDAH BERSOSIAL MEDIA

Wakaf dikategorikan sebagai amal jariah yang pahalanya akan terus bertambah walau si pemberi wakaf telah meninggal dunia. Dan, wakaf yang kita ketahui umumnya hanya berupa benda tidak bergerak seperti tanah yang dijadikan untuk sekolahan, tempat beribadah, pemakaman, dll.

Namun, telah dikeluarkan UU NO 41 tahun 2004 tentang wakaf, yang mengatur wakaf benda tidak bergerak dan benda tidak bergerak seperti uang yang disebut dengan cash waqf.

Dengan adanya wakaf uang, wakaf yang terkesan sulit dan berat kini menjadi mudah bagi setiap orang untuk bisa berpartisipasi menyumbangkan hartanya tanpa batas tertentu atau tanpa harus menunggu menjadi tuan tanah. Ini menjadikan potensi wakaf sangat produktif karna bisa terkelola secara maksimal, dan aset-aset wakaf yang berupa tanah-tanah kosong bisa mulai dimanfaatkan dengan dana cash waaf tersebut.

Tentang hukum wakaf uang, yang sebelumnya telah banyak didebatkan, kini mencapai titik temu, hal ini karena MUI (Majelis Ulama Indonesia) telah mengeluarkan fatwa mengenai kebolehan memberi wakaf dalam bentuk uang. Fatwa MUI itu dikeluarkan pada 11 Mei 2004 yang kemudian disahkan 24 Oktober 2004 oleh Susilo Bambang Yudhoyono. Jadi, dengan adanya fatwa MUI dan UU No.41 Tahun 2004 tentang wakaf, telah menjadi pijakan hukum bagi umat islam indonesia untuk melakukan wakaf uang.

Dan, bank syariah ditunjuk sebagai induk untuk mengoptimalkan pengelolaan wakaf uang karna memiliki keunggulan sebagai fund manager, peta distribusi, dan citra positifnya.

Salah satunya, Cimb Niaga Syariah. CIMB Niaga Syariah adalah Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk yang hadir untuk merespon permintaan masyarakat terhadap layanan perbankan universal yang inovatif dan lebih aman. Untuk mendukung layanan berkualitas, CIMB Niaga Syariah memadukan keunggulan teknologi dan keragaman produk dengan kualitas layanan tinggi (Excellent Service Quality). Transaksi perbankan yang ditawarkan CIMB Niaga Syariah bersifat universal, aman, nyaman, tentram, serta adil bagi seluruh pihak.

CIMB Niaga Syariah bisa menjadi jembatan yg memudahkan setiap orang yang ingin mewakafkan hartanya. CIMB Niaga Syariah terus mengoptimalkan platform teknologi untuk mengembangkan beragam produk dan layanan berbasis digital. Inovasi tersebut diwujudkan melalui mobile app e-salaam, yaitu aplikasi yang dioperasikan oleh PT. Cipas Quindo Pratama (CIPAS) yang telah bekerjasama dengan CIMB Niaga Syariah sebagai mitra ekslusif. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu nasabah membayar zakat dan wakaf ke berbagai lembaga amil zakat dan lembaga wakaf. Selain itu, CIMB Niaga Syariah juga mengoptimalkan infrastruktur digital milik induk usaha seperti GO Mobile, CIMB Cliks, Rekening Ponsel, dan BizChannel. Yang dengan demikian nasabah CIMB Niaga Syariah mendapatkan layanan digital banking yang setara dengan nasabah induk. Dan, CIMB Niaga juga banyak melakukan pembiayaan untuk mendukung pembangunan proyek infrastruktur pemerintah yang merupakan langkah tepat bagi percepatan pertumbuhan ekonomi indonesia.

Upaya CIMB Niaga Syariah dalam melayani kebutuhan produk dan layanan perbankan syariah bagi masyarakat juga membuahkan hasil. Tahun 2017 kemarin, CIMB NIGA Syariah meraih posisi pertama The Best Islamic Bank Indonesia 2017 dari Islamic Financial News di Kuala Lumpur Malaysia. Tak hanya itu, CIMB Niaga juga dinobatkan dengan predikat sangat bagus untuk kategori Unit Usaha Syariah bank umum dengan aset Rp.5 Triliun pada Infobank Sharia Finance award 2017 dan Bank Syariah dengan kinerja dan inovasi terbaik pada anugerah Syariah Republika 2017, dan diikuti dengan prestasi yang lain.

Tak heran, berbagai apresiasi dinobatkan kepada CIMB Niaga Syariah karena di era millenials ini gadget menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang, dan bertransaksi melalui gadget telah banyak diminati hingga saat ini. Dan, CIMB Niaga Syariah dengan inovasi fitur-fiturnya bisa menjadi solusi yang sangat tepat untuk setiap orang yang ingin bertransaksi, berbagi, dan beramal semudah bersosisal media. Jadi, mari kita memanfaatkan perkembangan teknologi secara baik dan saling berbagi kepada sesama dengan melalui CIMB Niaga Syariah. Aman, tepat, dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *