E-SALAAM: SOLUSI PENINGKATAN KESADARAN SOSIAL PEMUDA MELALUI WAKAF UANG

Oleh: Nur Hananda Swara

Perkembangan Teknologi di zaman Milenial sekarang sudah tidak bisa dibendung lagi, modernisasi sudah masuk pada setiap lini kehidupan masyarakat Indonesia. Ini dibuktikan dengan meningkatnya pengguna smartphone di tahun 2018 ini hingga menyentuh angka 100 juta pengguna dengan total 61% penggunanya adalah anak muda usia dibawah 30 tahun (laporan e-Marketer) dan dilansir dari CNN Indonesia yang menyatakan bahwa Dalam sehari rata-rata netizen Indonesia aktif menggunakan smartphone selama 5.5 jam. Ini menunjukan potensi besar yang dimiliki bangsa Indonesia jika ingin memanfaatkan unsur teknologi untuk semua lini kehidupan, salah satunya adalah sektor Ekonomi dalam hal ini lembaga keuangan. Dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir, teknologi informasi sudah mulai dimanfaatkan dalam operasional produk-produk atau bahkan pada lembaga keuangan itu sendiri. munculnya banyak perusahaan start-up, Mobile Banking, E-Banking, dan sekarang yang perkembangannya sedang dalam awasan Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia yaitu Fintech. Sampai dengan Oktober 2018, total jumlah penyelenggara fintech terdaftar dan berizin adalah sebanyak 73 perusahaan.

Maraknya penggunaan teknologi juga akan berdampak buruk jika tidak diimbangi dengan pengawasan dan regulasi yang kuat. Penipuan nasabah bank dengan Sms Banking, took-toko online yang tidak bertanggung jawab, adanya fintech bodong dan masih banyak lagi. Banyaknya kasus-kasus penipuan yang terjadi dimasayarakat membuat anggapan miring terhadap lembaga keuangan yang menggunakan teknologi sebagai invasi pengembangannya. Namun disisi lain masih banyak industry keuangan dan filantropi yang menggunakan teknologi sebagai inovasi yang menyadarkan pemuda untuk bijak dalam menggunakan hartanya, salah satunya yaitu CIMB Niaga Syariah.

CIMB Niaga Syariah adalah salah satu unit usaha khusus dan sebagai solusi CIMB Niaga untuk perkembangan Syariah Banking Business di Indonesia. Banyak program program berbasis sosial yaitu edukasi, pemberdayaan masyarakat, lingkungan hidup, dan filantropi yang tergabung dalam CIMB Niaga Peduli. Ditambah, dengan memanfaatkan fitur teknologi aplikasi smartphone, PT Bank CIMB Niaga terbantu dengan adanya layanan digital berupa mobile banking, e-Salaam. E-Salaam merupakan aplikasi yang dibuat dan dioperasikan oleh PT. Cipas Quindo Pratama (CIPAS) yang bekerjasama dengan CIMB Niaga Syariah sebagai mitra ekslusifnya. E-Salaam merupakan implementasi dari strategi jemput bola yang menjadi rencana sejak awal tahun dan merupakan layanan berbasis aplikasi mobile yang dapat memudahkan nasabah dalam menunaikan ibadah Zakat, wakaf uang, bahkan hingga pembayaran biaya umrah.

Wakaf uang mungkin asing bagi sebagian orang, karena yang umumnya diketahui bahwa benda wakaf itu hanyalah tanah, rumah, mobil dan benda benda yang bisa dimanfaatkan fungsinya. Namun, ternyata uang juga dapat diwakafkan. Istilah wakaf uang belum dikenal di zaman Rasulullah. Wakaf uang (cash waqf ) baru dipraktekkan sejak awal abad kedua hijriyah. Imam az Zuhri (wafat 124 H) salah seorang ulama terkemuka dan peletak dasar tadwin al-hadits memfatwakan, dianjurkan wakaf dinar dan dirham untuk pembangunan sarana dakwah, sosial, dan pendidikan umat Islam. Majelis Ulama Indonesia telah mengeluarkan fatwa tentang Wakaf Uang, Wakaf Uang (Cash Wakaf/Wagf al-Nuqud) adalah wakaf yang dilakukan seseorang, kelompok orang, lembaga atau badan hukum dalam bentuk uang tunai. Nilai pokok uang yang diwakafkan tidak boleh berkurang, dihibah, atau diwariskan dan harus dijaga. Uang yang telah diwakafkan boleh dipergunakan dan disalurkan untuk hal hal yang diperbolehkan secara syar’i yang nantinya keuntungan akan digunakan oleh pengelola untuk kemashlahatan ummat. Badan Wakaf Indonesia (BWI) menyebut potensi wakaf tunai di Tanah Air mencapai Rp 180 triliun ditambah dengan masifnya penggunaan smartphone dan internet di Indonesia menjadi peluang dan potensi besar yang dimanfaatkan oleh CIMB Niaga Syariah dengan peluncuran aplikasi e-salaam. ini merupakan langkah cerdas yang diambil oleh perusahaan untuk mengembangkan minat anak muda dalam melakukan investasi akhirat berupa wakaf uang. Ditengah bobroknya moral bangsa, CIMB Niaga Syariah muncul dengan kepedulian kepada masyarakat untuk membantu dalam menunaikan ibadah Zakat, Wakaf, dan Umrah.

Diharapkan dengan adanya aplikasi e-salaam di Indonesia dapat menjadi pemicu semangat pemuda dalam menggunakan smartphone nya dengan bijak dengan menunaikan ibadah zakat dan wakaf dengan mudah dan insya Allah akan digunakan untuk sebesar-besarnya kepentingan ummat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *