E-SALAAM, SOLUSI UNTUK KEMUDAHAN ZAKAT DAN WAKAF

Oleh: Rahma Nanda Sri Wahyuni

Islam telah memberikan solusi terbaik untuk kebangkitan perekonomian umat dan negara melalui zakat dan wakaf. Zakat dan wakaf keduanya sangat dibutuhkan baik bagi pemberi maupun penerima. Di era modern saat ini untungnya zakat dan wakaf bisa dilakukan dengan mudah lewat platform digital. Salah satu platform digital berbentuk aplikasi yang memudahkan pembayaran zakat dan wakaf adalah e-Salaam. Aplikasi ini dioperasikan oleh PT. Cipas Quindo Pratama yang telah bekerjasama dengan CIMB Niaga Syariah sebagai mitra ekslusifnya.

Solusi Yang Ditawarkan e-Salaam Sebagai Layanan Zakat Dan Wakaf Digital

Hadir untuk membantu muzakki dan wakif di Indonesia, e-Salaam merupakan aplikasi yang menawarkan banyak solusi. Rangkaian solusi ini pastinya memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat Indonesia secara luas. Apa saja solusi yang ditawarkan oleh e-Salaam? Berikut ini ulasan lengkapnya:

  1. Mempermudah Pelaku Zakat Dan Wakaf Di Indonesia

Hadirnya aplikasi pembayaran zakat dan wakaf di Indonesia tentunya akan mempermudah pelaku zakat dan wakaf. Siapapun yang ingin membayarkan zakat dan melakukan wakaf tidak perlu lagi datang mencari lembaga zakat dan wakaf secara langsung. Aktivitas zakat dan wakaf bisa dilakukan hanya melalui smartphone. Kemudahan inilah yang membuat banyak orang merasa tidak terbebani lagi untuk melakukan zakat dan wakaf.

  1. Meminimalisir Biaya Yang Harus Dikeluarkan

Biaya administrasi dan biaya transportasi untuk melakukan zakat dan wakaf biasanya menjadi kendala utama bagi masyarakat. Oleh sebab itu, kehadiran aplikasi pembayaran zakat dan wakaf seperti e-Salaam menjadi solusi terbaik. Dengan platform digital ini, masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya administrasi yang mahal serta biaya transportasi untuk menuju lembaga zakat dan wakaf.

  1. Mempercepat Proses Pemberian Zakat Dan Wakaf

Proses pemberian wakaf dan zakat menjadi cepat dengan melakukan pembayaran zakat dan wakaf via aplikasi. Orang yang berhak menerima zakat tidak perlu menunggu lama untuk bisa merasakan manfaat dari zakat. Begitu juga dengan wakaf yang diberikan, masyarakat bisa dengan cepat merasakan manfaat dari wakaf yang telah diberikan.

  1. Memastikan Zakat Dan Wakaf Tepat Sasaran

Layanan zakat dan wakaf digital juga lebih memastikan jika zakat dan wakaf diberikan dengan tepat sasaran. Hal ini dikarenakan pihak CIMB Niaga Syariah telah bekerjasama

dengan lembaga-lembaga zakat dan wakaf yang tepercaya. Lewat lembaga-lembaga zakat dan wakaf inilah zakat dan wakaf akan tersalurkan. Upaya ini juga sangat membantu dalam proses pemerataan zakat dan wakaf di Indonesia.

  1. Meminimalisir Kesalahan Dalam Pemberian Zakat Dan Wakaf

Lembaga syariah adalah lembaga yang mampu mengelola dana zakat dan wakaf dengan baik. Layanan e-Salaam juga memberikan solusi untuk meminimalisir kesalahan dalam pemberian zakat dan wakaf. Hal ini bisa dilakukan karena prosedural yang digunakan sesuai dengan ketentuan syariat islam. Para muzakki dan wakif juga bisa merasa lebih tenang setelah berzakat dan berwakaf lewat platform digital yang satu ini.

  1. Menumbuhkan Semangat Untuk Berzakat Dan Berwakaf

Mudahnya melakukan zakat dan wakaf akan menumbuhkan semangat berzakat dan berwakaf yang tinggi. Semangat untuk melakukan zakat dan wakaf harus terus dipupuk di kalangan masyarakat Indonesia. Meningkatnya semangat akan zakat dan wakaf akan berimbas baik bagi perekonomian negara. Bahkan semangat berzakat dan berwakaf yang besar mampu menjadi solusi bagi keterpurukan perekonomian.

  1. Merupakan Solusi Kebangkitan Dan Kesejahteraan Ekonomi Umat

Sadar atau tidak perlahan namun pasti segala kemudahan dalam melakukan zakat dan wakaf akan membangkitkan kesejahteraan ekonomi umat. Indonesia adalah negara yang angka kemiskinannya masih ada dan permasalahan ini tidak bisa dipandang dengan sebelah mata. Melalui kemudaahan berzakat dan berwakaf perlahan namun pasti angka kemiskinan yang ada di Indonesia bisa teratasi dengan baik.

Beragam solusi yang ditawarkan apalikasi e-Salaam yang ada di atas merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi kita semua. Kemudahan dalam pembayaran zakat dan pelaksanaan wakaf ini harusnya disambut baik oleh seluruh muslim di Indonesia. Dengan pelaksanaan zakat dan wakaf yang benar maka pahala dan keberkahan dari Allah SWT bisa didapatkan dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *