REFLEKSI JITU METODE PEMBAYARAN ZAKAT DAN WAKAF UANG MELALUI CIMB NIAGA SYARIAH DAN E-SALAAM

Oleh: Niken Puspitasari

Tuntunan perkembangan peradaban dunia menjadikan perubahan dalam segala aspek perekonomian oleh karena itu, Sebagai motor penggerak perekonomian terbentuklah suatu lembaga perbankan di Indonesia baik itu dari lembaga perbankan konvensional maupun syariah. Seperti perkembangan perbankan syariah yang mana menghimpun dan menyalurkan dana dari masyarakat berdasarkan prinsip syariah. Salah satu proses pembiayaan yang berdasarkan prinsip syariah adalah penyediaan uang atau tagihan yang dipersamakan dengan berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak yang dibiayai untuk mengembalikan uang atau tagihan tersebut setelah jangka waktu tertentu dengan imbalan atau bagi hasil (Muhammad, 2014:301).

Bank CIMB Niaga Syariah sebagai Bentuk Pelaksanaan Ekonomi Islam yang Berlandaskan Prinsip Syariah

Salah satunya Bank yang pelaksanaan pembiayaan tersebut adalah Bank CIMB Niaga Syariah salah satu unit usaha syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk dengan menyediakan solusi keuangan serta pelayanan digital terbaik untuk memahami kebutuhan masyarakat. Masyarakat dapat dengan mudah memahami keuangan dalam konteks ekonomi islam melalui pembukaan Rekening Syariah. Langkah awal dalam membuka suatu rekening adanya suatu kesepakatan yang berlandaskan pada akad mudharabah yang mana akad ini melakukan transaksi penanaman dana dari Nasabah sebagai pemilik dana kepada Bank sebagai pengelola dana untuk melakukan kegiatan usaha tertentu yang sesuai syariah, dengan pembagian bagi hasil antara kedua belah pihak berdasarkan nisbah bagi hasil yang telah disepakati sebelumnya. Jenis akad mudharabah terdiri atas: Mudharabah Muthlaqah yang mana Mudharabah untuk kegiatan usaha yang cakupannya tidak dibatasi oleh spesifikasi jenis usaha, waktu, dan daerah bisnis sesuai permintaan pemilik dana, dan Mudharabah Muqayyadah yaitu Mudharabah untuk kegiatan usaha yang cakupannya dibatasi oleh spesifikasi jenis usaha, waktu, dan daerah bisnis sesuai permintaan pemilik dana. (Ketentuan dan Persyaratan Umum Pembukaan Rekening Syariah – CIMB Niaga).

Produk Unggulan dari Bank CIMB Niaga Syariah

Bank CIMB Niaga Syariah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan mengeluarkan sejumlah produk unggulan di antaranya: Tabungan Haji, tabungan iB Mapan Wakaf, Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dan kartu pembiayaan Syariah Gold Card (Anggraeni, 2017:46). Produk-produk ini memiliki perkembangan bisnis yang menggembirakan dan diyakini akan terus berkembang hingga tahun-tahun mendatang (www.cimbniaga.com). Seperti misalnya saja pada produk simpanan, salah satu produk unggulan yang ditawarkan adalah Tabungan iB Mapan Wakaf. Melalui produk ini, nasabah bisa melakukan setoran rutin setiap bulan untuk kemudian dana dan bagi hasilnya dapat diperuntukkan sebagai wakaf uang untuk program-program wakaf yang dikelola oleh lembaga wakaf yang sudah bekerjasama dengan perseroan juga memberikan penawaran menarik dengan akad pada mudharabah di mana pokok dan bagi hasilnya akan dijadikan wakaf dengan berbagai pilihan program wakaf dari beberapa lembaga pengelola wakaf yang bekerjasama dengan CIMB Niaga Syariah yang mendapatkan hadiah berupa wakaf dengan berbagai pilihan program wakaf. Selain itu melalui Bagi Hasil Deposito iB untuk Wakaf dengan membuka Deposito iB, sebagian/seluruh bagi hasilnya dapat diwakafkan melalui berbagai pilihan program wakaf dari beberapa lembaga pengelola wakaf yang bekerja sama degan CIMB Niaga Syariah yang mana Wakaf uang yang dikelola oleh lembaga pengelola wakaf untuk kegiatan produktif, dimana hasil usaha/keuntungan akan diberikan kepada penerima wakaf (maukuf alaih). Berbagai Pilihan program wakaf yang dikelola oleh Lembaga Pengelola Wakaf antara lain: program wakaf produktif, program Wakaf pendidikan, program wakaf kesehatan, dan program pembangunan masjid dan sumur.

PT Bank CIMB Niaga Tbk terus mengembangkan pertumbuhan bisnisnya tahun ini. Salah satunya melalui unit usaha syariah CIMB Niaga Syariah yang terus mengoptimalkan produk dan layanan berbasis digital. Untuk memperluas jaringan dan layanan, CIMB Niaga Syariah mengoptimalkan infrastruktur digital, seperti Go Mobile, CIMB Clicks, Rekening Ponsel, dan BizChannel@CIMB. Hal tersebut diharapkan dapat mendukung pertumbuhan kinerja CIMB Niaga Syariah. CIMB Niaga Syariah juga terbantu dengan adanya e-Salaam. E-Salaam merupakan gateway payment app yang dioperasikan oleh PT. Cipas Quindo Pratama (CIPAS) yang bekerjasama dengan CIMB Niaga Syariah sebagai mitra ekslusif. Seperti yang termuat dalam (marketeers.com) Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara mengatakan bahwa aplikasi tersebut merupakan suatu upaya dalam menjemput bola untuk mendekatkan diri ke konsumen. Hal tersebut diharapkan dapat mendukung pertumbuhan kinerja CIMB Niaga Syariah. Tidak hanya itu kelebihan aplikasi tersebut juga memberikan layanan fitur lainnya yaitu channel pendaftaran dan pembayaran biaya ibadah umrah juga memfasilitasi beragam aspirasi nasabah, termasuk untuk menunaikan ibadah seperti yang dimuat oleh (m.wartaekonomi.co.id.). Dengan demikian, nasabah CIMB Niaga Syariah mendapatkan kualitas layanan digital banking yang setara dengan nasabah induknya sehingga menjadi refleksi jitu dalam kemudahan metode pembayaran zakat dan wakaf uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *