SOLUSI BRILIAN ENTASKAN KEMISKINAN DENGAN WAKAF TUNAI E-SALAAM

Oleh: Yayu

Seperti kita ketahui bersama bahwa kemiskinan adalah masalah besar mutlak bagi suatu negara. Menurut data yang diperoleh dari BPS (Badan Pusat Statistik) kemiskinan di Indonesia per Maret 2018 mencapai 9,82% atau 25,95 juta penduduk dari populasi yang ada.

Keadaaan ekonomi di bawah rata-rata ini dapat dientaskan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan wakaf tunai. Menurut ketetapan fatwa MUI wakaf tunai atau wakf al-nuqud adalah wakaf yang dilakukan seseorang, kelompok atau lembaga badan hukum dalam bentuk uang tunai. Dengan landasan hukum Al-Quran surat Al-Hajj ayat 77, wakaf tunai dinilai lebih efektif karena jangkauannya rata kepada seluruh masyarakat. Dari banyaknya muslim yang ada merupakan suatu peluang bagi Indonesia untuk dapat mengaplikasikan wakaf tunai sebagai cara memberantas kemiskinan.

Melihat pontensi tersebut, terciptalah aplikasi e-Salaam sebagai sarana untuk mempermudah pembayaran zakat dan wakaf tunai. E-Salaam merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh PT. Cipas Quindo Pratama (CIPAS) yang telah bekerjasama dengan CIMB Niaga Syariah sebagai mitra ekslusif. Inovasi digital yang dapat diakses smartphone ini akan membawa para wakif ke lingkup serba praktis dengan harapan wakaf tunai dapat terhimpun dan tersalurkan secara efektif. Terlebih mengingat jumlah nasabah CIMB Niaga Syariah yang mencapai 1,1 juta dengan pengguna layanan digital lebih dari setengahnya yaitu 855.000 nasabah.

Fasilitas mudah sudah ada, sekarang kembali pada kesadaran kita untuk berbagi serta memberi kesempatan saudara yang lain agar dapat mengais rezeki dan memenuhi kebutuhan pokoknya. Sehingga kemaslahatan dapat tercipta dengan meratanya harta di kalangan muslim.  Konsep dari wakaf tunai sendiri berdasarkan potongan hadits Rasulullah saw yang dimuat dalam kitab Sunan At-Turmudzu dan Sunan Ibn Majah yaitu in syi’ta habasta aslaha fa tasaddaq biha, menahan asal dan mengalirkan hasilnya. Mauquf ‘alaih (penerima harta wakaf) diberikan modal untuk melakukan usaha produktif yang nanti keuntungannya dapat dimanfaatkan tanpa mengganggu porsi modal awal.

Wakaf tunai di e-Salaam tidaklah sulit, setelah mengunduh aplikasinya anda dapat melakukan pendaftaran seperti gambar di bawah ini.

Setelah itu pilih “Wakaf Uang” di halaman utama.

Anda akan dibawa menuju halaman yang menunjukan barisan para lembaga pengelola wakaf, seperti yang sudah tak asing di telinga khalayak Dompet Dhuafa hingga Yayasan Wakaf Ar-Risalah.

Namun, hanya tiga dari tujuh lembaga pengelola yang menyalurkan dana wakaf untuk pembangunan Ekonomi, seperti Global Wakaf dengan Wakaf ternak yang diperuntukan untuk masyarakat kecil di daerah pedesaan, BMH dengan Sakinah Market yang bisa membuka peluang pekerjaan, dan iWakaf dengan Wakaf tunai untuk beasiswa yatim piatu. Sedangkan empat lainnya digunakan untuk pembangunan infrastruktur seperti rumah sakit Hasyim Asyari.

Kembali pada tujuan awal mengentaskan kemiskinan, berarti anda bisa memilih antara tiga lembaga tadi, misal wakaf ternak dari Global Wakaf. Anda tinggal klik saja “Global Wakaf”, nanti akan muncul tampilan baru mengenai jenis wakaf dari lembaga pengelola. Selain wakaf ternak, Global Wakaf juga menawarkan wakaf sumur. Di halaman yang muncul anda bisa melihat target dana, periode, dan deskripsi mengenai wakaf tersebut. Wakaf ternak ini fokus ada peternakan kambing yang akan dikembangbiakan oleh petani setempat. Klik “pilih” untuk langkah berikutnya.

Maka akan muncul halaman yang mengharuskan anda mengisi nominal wakaf tunai misal sejumlah Rp. 250.000 dan untuk siapa wakaf dilakukanan, apa untuk diri sendiri atau orang lain seperti orang tua serta sanak saudara. Program wakaf sudah terisi secara otomatis, sedangkan doa wakif tidak diisi pun tak masalah. Selanjutnya anda akan dibawa pada halaman berisi niat wakaf.

Jangan lupa klik kolom “Saya telah membaca niat”. Dan klik juga “Bayar” untuk meneruskan transaksi. Metode pembayaran yang sediakan ada tiga, yaitu via Rekening Ponsel, CIMB Clicks dan Visa/Master Cards. Anda bisa memilih satu diantara yang ada, lalu ikuti langkah-langkah pembayaran yang dipandu dengan bahasa Indonesia ataupun Inggris dengan kajian kata yang mudah dipahami sehingga anda tidak akan menghadapi kesulitan.

Alhamdulillah wakaf tunai dapat dilaksanakan hanya dengan klik-klik layar ponsel. Kemudahan ini harusnya dapat membangkitkan gairah untuk gencar dalam membantu sesama melalui wakaf tunai. Apalagi wakaf tunai bisa dilalukakan semua kalangan, karena tak perlu memiliki harta banyak anda sudah bisa ikut andil dalam pembangunan ekonomi sekaligus melakukan amalan bernilai jariyah dalam satu kegiatan. Di e-Salaam dengan uang Rp. 10.000 anda sudah bisa berpastisipasi. Bersama e-Salaam yuk sosialisasikan pada khalayak untuk berinfaq melalui wakaf tunai yang akan mengubah taraf hidup masyarakat kecil sekaligus membangun Indonesia lebih maju. Semoga inovasi e-Salaam ini dapat menjadi wasilah untuk Indonesia sejahtera dengan kepemilikan harta yang merata..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *