[FoSSEI History] Division Labor Menurut Ibnu Khaldun

[FoSSEI HISTORY]

Assalamulaikum wr.wb

Ibn Khaldun berpendapat bahwa apabila pekerjaan dibagi-bagi diantara masyarakat berdasarkan spesialisasi, menurutnya akan menghasilkan output yang lebih besar.

” … tak seorang pun dengan sendirian memperoleh sejumlah gandum yang dibutuhkannya untuk makanan. Namun, bila enam atau sepuluh orang, terdiri dari tukang besi atau tukang kayu untuk membuat alat-alat, dan yang lain bertugas menjalankan api, mengolah tanah, mengetam hasil tanaman dan seluruh kegiatan pertanian lainnya, bekerja untuk memperoleh makanan secara terpisah pisah atau terkumpul bersama, dan dengan kerja itu diperoleh sejumlah makanan, jumlah itu akan dapat memenuhi kebutuhan penduduk beberapa kali lipat. Pekerjaan yang terkombinasi menghasilkan lebih banyak daripada kebutuhan dan kepentingan para pekerja”

Konsep pembagian kerja Ibn Khaldun ini berimplikasi pada peningkatan hasil produksi. Dan sebagaimana teori division of labor nya Adam Smith (1729 – 1790), pembagian kerja akan mendorong spesialisasi, dimana orang akan memilih mengerjakan yang terbaik sesuai dengan bakat dan kemampuannya masing masing. Hal ini akan meningkatkan produktivitas tenaga kerja, pada akhirnya akan meningkatkan hasil produksi secara total.

Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam
www.fossei.org
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

💻 Fan Page: Fossei Nasional
🐧 Twitter: @fossei_nasional
📷: @fosseinasional
📨 Email: fosseinasional@gmail.com
💻 Youtube : Fossei Nasional
💾Line: @fosseinasional

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *