india-maldives-island-mosque-jinaa-com

MALDIVES : Pemerintah akan menerima dana 7 juta USD dari IDB sebagaibantuan untuk pengembangan industry keuangan Islam di Negara terebut, sebagai salah satu proyek yang lebih luas untuk memacu pertumbuhan UMKM.

Proyek 20 juta USD yang dipelopori oleh pemerintah Maldives dan IDB bekerjasama dengan Asian Development Bank juga akan meluncurkan skema penjaminan kredit yang akan memanfaatkan dana dari IDB senilai 7 juta USD.

Maldives, dengan populasi sekitar 350.000 penduduk dan sebagian besar beragama Islam telah lama menjadi pendukung setia industri keuangan Islam, tetapi sektor industri keuangan justru kurang maju karena undang-undang dan infrastruktur keuangan yang tidak memadai.

Selain itu, sementara otoritas pasar modal yang telah menandatangani MoU dengan kementrian Islam pada awal bulan ini untuk mengembangkan pasar modal syariah di Maldives, bidang keuangan Islam lainnya malah justru tertinggal jauh. Saat ini Maldives hanya memiliki satu-satunya bank syariah yaitu Maldives Islamic Bank.

Walau pemerintah sudah bekerjasama dengan IDB tetapi harus tetap diperhatikan apakah kerjasama tersebut akan memberikan kontribusi dan dorongan yang dibutuhkan untuk kemajuan keuangan Islam. Akan tetapi, jika bidang infrastruktur maish belum diperbaiki, tampaknya Maldives akan mengalami pertumbuhan yang lambat dan membutuhkan waktu yang lama dalam industri keuangan syariah.

Sumber : www.islamicfinancenews.com

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TEMILNAS XX
Mars FoSSEI