Resensi Buku Ekonomi Syariah

Oleh Dedeh Kurniasari Utami

Judul Buku      : Ekonomi Syariah

Penulis             : Yoyok Prasetyo

Tahun Terbit  : 2018 (Cetakan Pertama)

Penerbit           : Aria Mandiri Groub

Jumlah Hal      : 173 halaman

Harga Jual       : Rp 37.350,00

Isi resensi :

Buku ini ditulis oleh dosen Fakultas Ekonomi Syariah. Beliau telah membuat beberapa judul buku salah satunya yaitu “Ekonomi Islam”. Beliau merupakan dosen tetap di Universitas Islam Nusantara denagn program studi manajemen dan jabatan sebagai asisten ahli.

Buku ekonomi syariah ini diawali dengan pengenalan ekonomi syariah itu sendiri dan pembahasan mengenai pengenalan hukum ekonomi syariah serta konsep  harta  dalam  pandangan  ekonomi  syariah  yang  membahas  tentang bagaimana cara pembagian harta dan kedudukan harta. Selain itu juga membahas tentang perbedaan  ekonomi  syariah  dan  konvensional  serta  menjelaskan mengenai akad-akad dalam ekonomi syariah. Buku ini terdapat istilah-istilah bahasa  dalam  ekonomi syariah yang akan     memudahkan pembaca dalam memahaminya. Buku ini terdiri dari tujuh bab dimana menjelaskan tentang harta, akad-akad dalam ekonomi islam, serta isu-isu yang menjadi pertanyaan umum dikalangan masyarakat seperti bunga bank, arisan dan yang lagi maraknya yaitu mengenai bisnis online sebagai penutup dari buku ini yang  dibahas secara rinci agar di mudahkan dalam membacadan memahami maksud dari penulis sehingga tersampaikan dengan baik.

Kelebihan :

  1. Gambar pada kulit buku yang menarik.
  2. Terdapat kamus istilah-istilah ekonomi syariah di bagian halaman depam yamg memudahkan pembaca.
  • Menggunakan struktur bahasa yang baik dan benar sehingga mudah dipahami.
  • Bahasa yang digunakan mudah dimengerti sehingga pembaca mudah memahami bacaan tersebut.
  • Spasi yang terdapat antara pargraf yang dapat terlihat jelas baik itu antara kalimat, maupun antara kalimat dengan sub bab baru, ataupun juga antara sub bab dengan anak kalimat.

Kekurangan  :

  1. Tulisan dibahas terlalu rinci kurang mendalam pada tema-tema tertentu
  2. Tampilan buku yang hanya menampilkan tulisan sehingga kurang menarik
  3. Pembahasan yang kurang mendalam pada tema-tema tertentu.
  4. Terdapat kalimat yang susah untuk dipahami jika pembacanya adalah mahasiswa awam maupun siswa siswi akan kesusahan memahami arti dari kalimat tersebut tampa pemahaman lebih lanjut

Penutup :

Buku ini cocok dijadikan sebagai referensi tugas bagi mahasiswa untuk membahas mengenai harta dan akad karna dijelaskan dengan rinci dan juga sebagai pemahaman. Dan sebagai penambah wawasan mengenai perbedaan ekonomi syarih dan konvensiaonal bagi masyarakat yang belum mengetahuinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *