• Judul Buku                  : Ensiklopedia Puasa Dan Zakat
  • Pengarang                   : Syaikh Abu Malik Kamal Bin As-Sayyid Salim
  • Penerbit                       : Roemah Buku Sidowayah
  • Ketebalan Buku          : 288 halanan
  • Penulis Resensi           : Sutris Cahyono-KSEI MAPAIES

Isi Resensi

            Puasa dan zakat merupakan dua rukun islam yang sudah tidak asing lagi bagi kaum muslimin. Ibadah ini rutin dilakukan oleh setiap muslim di bulan ramadhan dan syawal. Mengingat begitu besar keutamaan di bulan puasa, banyak orang berbondong-bondong untuk meningkatkan semangat dalam menjalankan ibadah. Namun, tidak seluruh muslimin mengetahui dengan pasti mengenai hukum-hukum dan permasalahan seputar ibadah puasa dan zakat ini. Padahal untuk menjadikan nilai ibadah tersebut sempurna dan murni sesuai dengan petunjuk yang telah nabi shalallahu alaihi wasallam ajarkan yakni, berpedoman ke Al-Qur’an dan Sunnah. Dalam buku ini dipaparkan tentang seluk-beluk ibadah shaum (puasa) dan zakat dengan tuntas berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah yang shahih.

            Shiyam dan shaum secara bahasa adalah menahan diri dari sesuatu. Menurut syara’, shiyam adalah menahan diri dari semua pembatal puasa, sejak terbit fajar hingga tenggelamnya matahari dengan niat beribadah kepada Allah SWT.

Keutamaan dan faedah puasa

  1. Shiyam termasuk ibadah paling agung dalam mendekatkan diri kepada Allah, seorang mukmin diberi pahala karenanya dengan pahala tak terbatas, diampuni dosanya terdahulu, dan ada pintu surga khusus untuk orang yang berpuasa.
  2. Puasa adalah madrasah akhlak, disana seorang mukmin melatih banyak sifat. Ia adalah jihad melawan hawa nafsu dan godaan setan yang kadang mendatanginya. Dengan puasa, seseorang membiasakan diri untuk bersabar menahan sesuatu yang dilarang didekati.

Zakat merupakan bentuk penambahan atau berkembangnya sesuatu. Atau dalam versi lengkapnya dibuku ini bahwa zakat ialah jatah tertentu yang dikeluarkan dari harta tertentu dan disalurkan kepada pihak-pihak tertentu. Hukum dan urgensi zakat dibahas dengan sangat detail dengan penambahan dalil-dalil yang terperinci. Adapun pembahasan yang lain dalam kajian buku ini adalah seputar kedudukan zakat dalam Islam, syarat wajib berzakat, jenis harta yang wajib zakat, zakat emas perak, mata uang modern, zakat gaji, mas kawin, hewan ternak, zakat tanaman, tanah, perdagangan riqaz dan tambang, dan lain-lain. Terdapat juga penjelasan golongan-golongan penerima zakat, memindahkan zakat, zakat fitrah, hukum dan hikmah yang terkandung, kepada siapa disalurkan, jenis-jenis barangnya, kapan waktunya, jumlah kadarnya, dan beberapa hal terkait dengan permasalahan moderat dibahas dalam buku ini.

Kelebihan Buku

Penulis buku ini, yaitu Syaikh Abu Malik kamal bin As-sayyid Salim, telah menyajikan dalam buku ini dengan beberapa kelebihan antara lain sebagai berikut :

  1. Pembahasannya berdasarkan nash-nash berpedoman ke Al-Qur’an dan Sunnah. Penulis bergantung kepada hadits-hadits yang shahih dan membuang hadits yang lemah dengan menguraikan letak kelemahannya.
  2. Perbedaan pendapat para ulama dalam suatu masalah sejak masa sahabat, tabi’in, tabi’it tabi’in, hingga imam-imam madzhab penulis terangkan dengan begitu gamblang beserta dalil-dalil yang menyertainya.
  3. Dalam menyikapi perbedaan tersebut, penulis berusaha mentarjihnya hingga tidak tejebak dalam satu pendapat yang fanatik terhadap salah satu madzhab saja.
  4. Penulis mengutip masing-masing pendapat dari sumber-sumber pokok yang diakui oleh masing-masing madzhab, baik Hanafi, Maliki, Syafi’i maupun Hambali.
  5. Buku ini telah diteliti oleh tiga ulama fiqih yang keilmuannya sudah terbukti dan diakui oleh dunia internasional, yaitu Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Haz, Syaikh Muhammad bin Shalih bin Utsaimin, dan Muhammad Nashiruddin Al-albani.

Itulah alasan buku ini sangat tepat dijadikan sebagai rujukan dan dimasukkan ke dalam daftar buku yang dijadikan sumber untuk teman-teman dalam mengkaji pembahasan/permasalahan seputar puasa dan zakat.

Kekurangan Buku

Ada sisi kelemahan dari yang saya amati pada buku ini, yakni dari bagian penulisan, ketika penulisannya lebih diatur dan tertata dengan baik saya yakin buku ini akan menjadi lebih baik dari sisi tampilan, dan di buku ini tidak dijelaskan atau ditulis tahun diterbitkannya buku ini.

Categories:

Tags:

One response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TEMILNAS XX
Mars FoSSEI