Resensi Buku Ilmu Pengetahuan Sebuah Tinjauan Filosofis

Oleh Firda Suci ForSEBI UIN Suka

Judul               : Ilmu Pengetahuan Sebuah Tinjauan Filososfis

Penulis             : A Sony Keraf dan Mikahel Dua

Penerbit           : Penerbit Kanisius, Yogyakarta

Tahun              : 2001

Tebal               : 160 Halaman

Bahasa             : Bahasa Indonesia

Isi Resensi

Buku ini ditulis oleh A Sony Keraf, lahir 1 Juni 1958 di Lamalena, Lembata, Flores Timur, Sony Keraf adalah Menteri Negara Lingkungan Hidup pada Kabinet Persatuan Nasional. sebelum diangkat Menteri, ia adalah dosen filsafat di Universitas Atma Jaya, Jakarta. Beliau menyusun buku ini bersama dan Mikahel Dua, M. A., lahir 10 september 1958, Wolorawa, Flores.

Buku ini sebelum fokus pada pokok pembicaraan telah menjelaskan manfaat belajar filsafat, filsafat adalah sebuah ilmu yang mengkaji seluruh kenyataan secara sistematis, metodis, dan koheren, selanjutnya adalah filsafat pengetahuan yang dijelaskan filsafat pengetahuan adalah cabang filsafat yang mempersoalkan dan mengkaji segala persoalan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Pada bab bagian pertama buku ini membahas mengenai beberapa teori tentang pengetahuan, antara lain mengenai pengetahuan dan keyakinan, macam-macam pengetahuan, teori tentang asal-usul atau sumber pengetahuan, teori tentang ekonomi, dan kepasatian kebenaran.

Dalam sejarah filsafat,persoalan pengetahuan dijawab secara berbeda oleh nasionalisme dan empirisme. Inti dari pandangan rasionalisme adalah, bahwa hanya dengan menggunakan prosedur tertentu dari akal saja kita bisa sampai pada pengetahuan yang sebenarnya, yaitu pengetahuan tidak mungkin salah. Cita-cita Ilmu pengetahuan adalah mengkonvergesikan sebuah temuannya kepada kebenaran. Metode ilmu pengetahuan tidak menghasilkan penegtahuan uyang absoulut pasti dan universal, melainkan dapat salah. Meskipun metode ilmu pengetahuan berhasil mengkonvergesikan kebenaran, namun metode tersebut tidak dapat menghasilkan suatu informasi yang pasti tentang kebenaran.

Realitas yang dibicarakan ilmu pengetahuan adalah realitas publik, realitas yang menjadi prhatian banyak orang. Ilmu pengetahuan yang benar adalah pengetahuan yang bereferensi menjadi perhatian banyak orang. Ilmu pengetahuan yang benar adalah pengetahuan yang bereferensi pada realitas yang menjadi obyek dari penelitian publik/bersama, dan yang mendapat perstujuan komunitas.  Keraguan dalam ilmu pengetahuan merupakan motivasi untuk memilih metode yang terbaik untuk mencapai kebenaran atau pengetahuan yang benar atau tidak meragukan. Macam-macam metode ilmu pengetahuan yang dibicarakan dalam buku ini adalah metode abduksi, deduksi, dan induksi. Metode induksi jauh lebih relevan bagi kegiatan ilmiah dewasa ini. Untuk perbandingan, buku ini juga menyinggung sekilas mengenai metode berpikir lainnya.

Kelebihan

            Walaupun buku ini bertemakan filsafat, namun bahasa yang digunakan ringan, mudah dipahami dan dipelajari untuk setiap kalangan, buku ini bermanfaat bagi yang ingin melihat sesuatu fakta atau peristiwa sebagai masalah ilmiah, buku ini menyadarkan kita untuk bersikap kritis terhadap apa yang sudah dianggap benar. Buku ini juga cocok belajr filsafat untuk menjadikan pedoman awal dalam mempelajari filsafat, kertas yang digunakan memiliki kualitas bagus membuat smengat untuk membaca dan cover buku yang cukup menarik menjadi ketertarikan pembaca saat pertama kali melihat buku tersebut. Buku ini juga dilengkapi metode – metode pengetahuan untuk menganalisis kebenaran dan memberikan pnjelasan atas dalam hubungan sebab-akibat dengan per istiwa lainnya.

Kekurangan

Selain kelebihan  buku ini juga memiliki kekurangan. Salah staunya adalah buku ini terlalu singkat dalam segi pemaparan isi materi, rujukan dari bukunya kurang jelas, bahkan tidak ada footnote maupun bodynote. Serta font dan spasi tulisan kurang tertera dengan baik, dan terlalu rapat.

Penutup

            Buku ilmu pengetahuan sebuah tinajuan filosofis sangat berguna dan baik dipelajari oleh masyarakat khususnya bagi mahasiswa yang ingin menjadi ilmuwan. Informasi yang cukup jelas tentang metode-metode untuk menghadapi masalh yang ditinaju dari segi filosofi dengan dipaparkan disertai bukti atau fakta-fakta.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *