Resensi Buku Pengantar Filsafat Ilmu

Oleh Dian Wahyudi (ForSEBI UIN Suka)

Judul                           : Pengantar Filsafat Ilmu
Penulis                         : Suaedi
Tahun                          : 2016
Penerbit                       : PT Penerbit IPB Press
ISBN                           : 978-979-493-888-1 Jumlah halaman         : 144 halaman

Isi Resensi

Buku ini terdiri dari 9 bab, buku ini merupakan pengantar dari filsafat ilmu. Diawali dengan materi sejarah dari filsafat ilmu itu sendiri. Dijelaskan dari awali pada masa Yunani dimana merupakan perubahan pola pikir manusia dari mitosentris menjadi logo-sentris. Kemudian lanjut dimasa abad pertengahan, pada abad ini pola fikir manusia didasari oleh agama. Dilanjutkan pada masa abad modern sampai masa abad dewasa ini. Tidak lupa pula, pada buku pengantar filsafat ini dijelaskan manfaat dari belajar filsafat itu sendiri. Lalu dilanjutkan pada sumber ilmu pengetahuan, yang mana terdapat 2 sumber ilmu, yaitu rasionalisme dan empirisme. Dalam berfilsafat, tidak bisa dipisahkan antara filsafat, ilmu dan pengetahuan, karena ketiga unsur tersebut memiliki keterkaitan.

Di dalam filsafat jugaa terdapat kebenaran dan sifat ilmiah. Manusia memiliki keterkaitan terhadap kebenaran, karna manusia memiliki sifat yang senantiasa mencari jawaban atau kebenaran atas pertanyaan yang timbul dalam kehidupannya. Sedangkan sikap ilmiah merupakan sikap yang harus ada pada diri seorang ilmuan atau akdemisi ketika menghadapi persoalan-persoalan ilmiah. Namun tentu saja dalam bersikap maupun bertindak ilmiah ada sarana yang bisa digunakan, yaitu bahasa, matematika.

Adanya bahasa sebagai sarana kominikasi antar manusia, agar mampu bersosialisasi satu sama lain. Sedangkan adanya matematika adalah ilmu yang paling sering digunakan, baik sebagai pengembangan aljabar maupun statistic. Kemudia buku ini menjelaskan tentang kajian bidang-bidang filsafat, terdiri dari ontology, epistimologi, dan aksiologi. Selanjtnya ada ilmu, teknologi dan seni, tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan teknologi oleh maunusia kini berkembang sangat pesat. Pengembangan ilmu, teknologi dan seni terjadi pada saat adanya akumulasi budaya yang berdasarkan pengembangan kebudayaan di dalam kehidupan sosial.

Kelebihan

Buku ini sangat bagus dibaca untuk pemula yang baru mempelajari filsafat, karna pada buku ini dijelaskan secara rinci setiap materinya. Kemudian di awal bab diperkenalkan terlebih dahulu mengenai filsafat ilmu, baik dari pengertia, awal mula masuknya filsafat sampai akhir. Sampul yang digunakan juga simple tapi menarik.

Kekurangan

Namun tentu saja masih ada sedikit kekurangan dalam buku ini, yaitu pembahasan yang diberikan terlalu banyak dan memberikan sedikit rasa bosan untuk membacanya. Kemudian setiap bab yang terdapat pada buku ini kurang runtut atau berurutan, sehingga pembaca sedikit bingung.

Penutup

Buku ini bisa dibaca bagi pemula yang ingin belajar filsafat ilmu, bisa membaca buku ini.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *