• Judul Buku                  : Mengenal Ekonomi Syariah
  • Pengarang                   : Dr. Hj. Madziatul Churiyah, S.pd., M.M.
  • Penerbit                       : Surya Pena Gemilang Publishing
  • Tahun Terbit               : 2011
  • Ketebalan Buku          : 265 halaman
  • Penulis Resensi           : Amalia Fitriansyah-KSEI HMP EKSYA UNHASY

Biografi Pengarang

Penulis buku “Mengenal Ekonomi Syariah” memiliki nama lengkap dan gelar Dr. Hj. Madziatul Churiyah, S.pd., M.M. Beliau merupakan dosen Fakultas Manajemen Ekonomi Universitas Negeri Malang. Beliau pernah mengenyam pendidikan Magister Ilmu Manajemen di Universitas Brawijaya, Malang. Beberapa kali karya tulis beliau dipublikasi hingga buku ini menjadi salah satunya.

Isi Resensi

            Buku ini memiliki dua tujuan, yang pertama adalah dalam rangka memenuhi kebutuhan sumber buku bagi mahasiswa. Buku ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa dalam mengkaji masalah ekonomi syariah. Kedua, saat ini masih sedikit sekali buku ekonomi syariah khususnya yang berbahasa Indonesia. Oleh karena itu, buku “Mengenal Ekonomi Syariah” hadir sebagai alternatif salah satu rujukan yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk menambah cakrawala berpikir khusunya di bidang ekonomi syariah.

            Islam sebagai agama, di dalamnya sudah sedemikian rupa mengandung konsep-konsep yang mengatur kehidupan manusia secara komprehensif dan universal. Aturan di dalamnya sudah mengandung dua hubungan, yaitu hubugan dengan Sang Pencipta dan hubungan antar sesama manusia. Hukum-hukum yang melandasai prosedur transaksi sepenuhnya untuk kemaslahatan masyarakat. Kesejahteraan masyarakat ini tidak diukur dari aspek materil saja, namun juga mempertimbangkan dampak sosial, mental dan spiritual serta dampaknya pada lingkungan. Buku ini mengajarkan kita bagaimana menjadi manusia sosial yang religius, menangani masalah dengan menentukan prioritas, pilihan alternatif kebutuhan dituntun dengan nilai Islam, sistem pertukaran dituntun oleh etika Islam.

            Pada bagian awal buku ini menjelaskan konsep dasar dari ekonomi Islam itu sendiri. Dimana dalam ajaran Islam ada 3 pokok pilar yang harus diajarkan. Pertama yakni akidah yang merupakan komponen ajaran agama Islam yang mengatur tentang keyakinan atas keberadaan dan kekuasaan Allah. Kedua, syariah yakni bagian yang mengatur tentang kehidupan seorang muslim, baik dalam bidang ibadah maupun dalam bidang muamalah.syariah. Inilah yang merupakan bentuk dari aktualisasi akidah yang menjadi keyakinan seorang muslim muslimah. Ketiga adalah akhlak yang menjadi landasan perilaku kepribadian yang akan mencirikan dirinya sebagai seorang  muslim.

            Kita akan diajak untuk belajar dari hal-hal yang sangat dasar sekali dari akar ekonomi Islam. Kemudian, buku ini menjelaskan pula sejarah perekonomian Islam pada masa Rasulullah. Puncaknya, buku ini menjelaskan tentang keberadaan ekonomi Islam di tengah kemoderenan dunia dan ekonomi konvensional.

            Sistem ekonomi ini memiliki sifat dasar yang kamu harus pahami juga sebagai ekonomi rabbani dan insani. Dikatakan sebagai ekonomi rabbani karena sarat dengan arahan dan nilai ilahiah. Sementara itu, dikatakan sebagai ekonomi insani karena sistem ekonomi ini dilaksanakan dan ditujukan untuk kemakmuran manusia. Ekonomi syariah juga memiliki sifat yang tak kalah penting juga yaitu keimanan.

Kelebihan Buku

Buku ini disusun secara sistematis, dimulai dari pembelajaran konsep dasar terlebih dahulu hingga mempelajari hal yang kompleks terkait ekonomi syariah. Buku ini disajikan dengan bahasa yang ringan sehingga mudah untuk dimengerti. Buku ini banyak mengutip dari beberapa sumber, menjadikannya lebih berbobot sehingga lebih enak untuk dibaca bagi mahasiswa yang ingin menjadikannya sebagai referensi penelitian atau penulisan karya ilmiah lainnya.

Kekurangan Buku

Seperti kata pepatah “Tak Ada Gading yang Tak Retak”, maka buku ini juga tidak luput dari adanya kekurangan. Buku ini cenderung menjelaskan isi secara narasi dan kurangnya ilustrasi. Hal ini membuat pembaca merasa bosan.

Dari berbagai apspek yang ada, buku ini cocok untuk dijadikan rekomendasi dalam bacaan bagi masyarakat dalam mempelajari ekonomi Islam mulai dasar.

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TEMILNAS XX
Mars FoSSEI