fossei-4

SCIEmics (Study Community of Islamic Economics), KSEI Universitas Pendidikan (UPI) Bandung, 20 Oktober lalu sukses menggelar Sharia Academic Training (SAT), yang erupakan ajang perkenalan SCIEmics sebagai salah satu UKM yang ada di UPI. Acara yang berformat penhouse ini juga mengemban misi untuk memperkenalkan ekonomi Islam, yang juga merupakan tujuan dasar dari SCIEmics UPI, yaitu menyiarkan ekonomi Islam.

Tema “Be Great Be Bright With Your Potential” ini menarik perhatian sekitar 300-an mahasiswa UPI. Tema ini sengaja dipilih, sebagai salah satu daya pikat untuk peserta bahwa dalam berorganisasi, seorang mahasiswa tidak kehilangan kesempatan untuk berprestasi, bahkan potensi yang dimiliki harusnya dipergunakan, salah satunya dalam berorganisasi, karena potensi yang ada tidak akan terasah jika potensi tersebut didiamkan saja. Terbukti dengan sejumlah anggota KSEI SCIEmics yang mendulang prestasi meskipun mereka tetap aktif di KSEI. Dalam sesi ini, paramawapres (mahasiswa berprestasi)diberikan waktu untuk sharing seputar pengalaman mereka dalamber organisasi dan juga pencapaian-pencapaian mereka selama ini.

Tidak ketinggalan pula materike-ekis-an dalam SAT ini sebagai metode pengenalan ekonomi Islam. Bapak Rukmana, yang juga merupakan eks direktur BJB Syariah, sebagai pemateri pengenalan ekonomi Islam, beliau menyampaikan dasar-dasar ekonomi slam. Terutama mengenai perbankan syariah, yang kini marak dibicarakan orang. Tidak hanya kaum muslim saja, namun juga masyarakat non muslim, bahkan masyarakat di negara non muslim seperti di beberapa negara di Eropa yang mulai memfungsikan sistem syariah pada lembaga keuangan mereka. Bahkan dewasa ini, perbankan syariah dianggap sebagai ikon ekonomi Islam, walaupun sebenarnya hal tersebut tidak tepat.

Peserta yang memenuhi gedung FPIPS (Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) UPI, engan sangat antusias mengikuti jalannya acara. Dengan banyaknya pertanyaan yang masuk, suasana menjadi semakin semarak.Komunikasi dua arah pun berlangsung dengan baik, erkat koordinasi panitia dan aktifnya para peserta. Sesekali gedung FPIPS diramaikan dengan applause dari para peserta.

Seperti yang dikutip dari ukmsciemics.blogspot.com, ketua pelaksana, Hendra Setia Putra mengungkapkan, “Acara SAT 2012 kemaren alhamdulillah sukses walaupun banyak kendala tapi dalam acaranya kita sukses memperkenalkan perbankan syariah dan motivasi dari para pemateri talkshow yang benar-benarluar biasa. Harapan adanya SAT kemarenya itu SCIEmics bisa eksis dimata UPI sendiri dan umum dalam mensyiarkan ekonomi Islam dan bisa terus membuat acara-acara seminar yang berkonsep anak muda selamanya dengan pemateri yang gak ngebosenin.” (Diah)

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TEMILNAS XX
Mars FoSSEI